Minggu, 25 Desember 2011


PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 
MATA PELAJARAN SEJARAH
KELAS X

Pertemuan Pertama
SK/KD : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah / 1.1 Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
A.  Rangkuman Materi
A.  Hakikat Sejarah
Pada umumnya orang memakai istilah sejarah untuk menunjuk cerita sejarah, pengetahuan sejarah, dan gambar sejarah. Semua ini sebenarnya merupakan gambaran sejarah dalam arti subjektif. Di sebut subjektif karena sejarah memuat unsur-unsur dan isi subjek (pengarah atau penulis). Pengetahuan atau gambar sejarah adalah hasil penggambaran atau Rekonstruksi dari pengarang, yang memuat sifat-sifat, gaya bahasa, struktur pemikiran,pandangan dan sebagainya.
Sejarah dalam arti subjektif adalah suatu konstruk, yaitu bangunan yang disusun oleh penulis sebagai sesuatu uraian atau cerita. Uraian atau cerita itu merupakan  suatu kesatuan yang mencakap fakta-fakta yang dirangkai untuk menggambarkan suatu gejala sejarah, baik proses maupun struktur. kesatuan itu menunjukan koherensi artinya, berbagai unsur berhubungan  satu sama lain dan merupakan satu kesatuan. Fungsi unsur-unsur itu saling menopang dan saling tergantung sama lain.
Sejarah dalam arti objektif menunjukan pada kejadian atau perustiwa itu sendiri atau proses sejarah dalam aktualisasinya. Peristiwa itu  hanya sekali terjadi dan tidak dapat diulang atau terulang lagi. Objectif artinya tidak memuat undur-unsur subjek (pengamat atau pengarang). Misalnya Peristiwa tersebut terjadi di hotel yamato pada tanggal 19 september 1945. Secara objektif, peristiwa tersebut merupakan suatu kenyataan yang terjadi di masa lampau yang tidak dapat di ulang lagi.
1.      Pengertian sejarah
Dalam bahasa inggris, sejarah di sebut History yang berarti masa lampau. Dalam hal ini masa lampau umat manusia. Kata History sendiri berasal dari Yunani, Historia yang artinya ilmu. Dalam bahasa jerman di sebut Geschicht yang berarti sesuatu yang telah terjadi. Kedua kata itu memberikan arti yang sesungguhnya tentang sejarah, yaitu suatu yang terjadi dalam kehidupan umat manusia di masa lampau.
Dalam bahasa arab disebut Syajarotun, artinya pohon. Sejarah sering di umpamakan sebuah pohon yang terus berkembang dari bumi ke udara dan mempunyai dahan, daun, bunga, serta buah. Hal itu menyerupai perkembangan pada krehidupan manusia. Namun ada pula yang mengartikan sejarah sebagai silsilah raja-raja. Sebab jika pohon itu di balik, ranting dan pohonya ada di bawah akan tampak seperti silsilah atau asal usul kehidupan manusia.
Pada masa sekarang untuk kepentingan tertentu memerlukan keterangan riwayat hidup. Kata riwayat hidup kurang lebih berarti laporan atau cerita tentang kejadian. Sedangkan hikayat adalah cerita tentang kehidupan yaitu yang menjadikan manusia sebagai obkeknya di sebut juga biografi (bios = hidup dan graven = menulis ). Jadi cerita yang berkisar mengenai kehidupan penulis yang di tulis oleh sendiri atau pelaku sendiri di sebut auto biografi.
Dalam bahasa arab kata kisah yang umumnya menunjuk ke masa lampau justru mengandung cerita yang benar-benar terjadi pada masa lampau yakni sejarah. Di bahasa nusantara di katakan sebagai babad  bahasa jawa, tambo bahasa tambo, bahasa minangkabau tutui teteek, bahasa roti pustaka atau cerita barangkali babad ada hubungannya dengan kata babad bahasa jawa dalam arti memangkas.
Sejarah berkembang sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih maju atau modern. Oleh karna itu, sejarah tidak dapat di pisahkan dari kehidupan manusia.
Berikut ini definisi sejarah menurut beberapa ahli.
a.       Aristoteles, sejarah berarti suatu penelitian yang sistematis mengenai gejala alam (terutama yang menyangkut kehidupan manusia) dalam urutan kronologis.
b.      Herodotus, sejarah berarti suatu yang tidak selalu berkembang ke depan dengan arah yang pasti, karena sejarah berkembang di akibatkan dan ditentukan oleh keadaan manusia. Herodus adalah seorang filsuf dari yunani yang di anggap sebagai bapak sejarawan dunia.
c.       Moh. Yamin sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa  peristiwa yang dapat di buktikan kenyataan.
d.      Thomas carlyle sejarah adalah peristiwa masa lampau yang mempelajari biografi orang-orang terkenal.
e.       Satono kartodirjo sejarah adalah ada 2 pengertian sejarh yaitu sebgai subyektif adalah bentuk yang disusun oleh penulis sebagai uraian atau cerita sehingga memuat unsur-unsur perasaan dan isi pikiran penulis atau pengarang. Sedangkan dalam arti objektif adalah kejadian atau peristiwa itu sendiri secara keseluruhan yang terlepas dari unsur-unsur subyektif para penulisnya.
f.       Kuntowijoyo sejarah memiliki sifat diakronis yaitu memanjang dalam waktu dan ideografis sejarah selalu menggambarkan menceritakan dan memaparkan sesuatu.
g.      Ibnu khaldun, sejarah adalah sebagai catatan tentang manusia atau peradaban manusia dan perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat saai itu.
h.      Roeslan abdul ghani, sejarah merupakan salah satu bidang ilmu yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis seluruh perkembangan atau kemanusiaan masa lampau, beserta segala kejadiannya dengan maksud untuk dijadikan pedoman penentuan arah di masa depan.
i.        Mohamad ali, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:
- jumlah perubahan-perubahan, kejadain, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
- cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
- ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, atau preistiwa dalam kenyataan di sekitar kita.
Berdasarkan para ahli dapat di simpulkan bahwa sejarah adalah
- peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau dan membawa perubahan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.
- cerita atau kisah catatan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau yang di susun berdasarkan peninggalan atau sumber-sumber sejarah.
- ilmu yang mempelajari peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.
Pengetian masa lampau dalam sejarah memiliki arti yang sangat luas, karena peristiwa dalam sejarah tidak berdiri sendiri, melainkan suatu rangkaian peristiwa yang berkelanjutan atau berkesinambungan dan bukan suatu yang terpisah-pisah antara masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang,
Namun perlu diingat tak semua masa lampau manusia dapat direkonstruksikan dan di tampilkan kembali, karna ada hal-hal yang menjadi kendala dalam upaya merekonstruksikan dan menampilkan kembali masa lampau manusia, seperti ingatan manusia dan terbatasnya dokumen atau artefak yang dapat menjelaskan secara utuh masa lampau.
Untuk mengungkap kehidupan manusia masa lampau sejarah telah memformulasikan dalam enam pertanyaan (5W + 1H ):
What (apa) menunjuk peristiwa yang terjadi pada masa lampau
Who (siapa) menunjuk tokoh orang yang terlibat dalm peristiwa
When (kapan) waktu terjadi peristiwa
Where (dimana) tempat terjadi peristiwa
Why (mengapa) menunjuk keterkaitan sebab akibat peristiwa
How (bagaimana)menunjuk kepada proses terjadi peristiwa
2.      Ciri utama sejarah
 Perhatian sejarah terfokus pada pengalaman dan tindakan-tindakan yang di lakukan oleh manusia serta peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang terjadi pada lingkup manusia. Sejarah sebagai suatu ilmu, sejarah meneliti kehidupan manusia, sejak adanya manusia di permukaan bumi sampai sekarang. peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi karena peristiwa atau kejadian dalam sejarah tidak pernah berubah. peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang unik karna hanya berlangsung satu kali dan tidak pernah terulang persis sama untuk kedua kalinya. peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang penting dan dapat di jadikan momentum, karena mempunyai arti dalam menentukan kehidupan orang banyak.
Berdasarkan uraian di atas, sejarah tidak membahas mengenai aktifitas tumbuhan, binatang, atau kejadian alam. aspek-aspek tersebut hanya di jadikan sebagai penyebab dari terjadinya kejadian kegiatan manusia di masa lampau.

B.  Soal dan Kunci jawaban
Soal:

1.    Sebutkan perbedaan arti sejarah sebagai subyektif dan sejarah sebagai objektif?
2.    Coba sebutkan contoh sejarah sebagai objektif?
3.    Mengapa dalam bahasa arab sejarah di umpamakan sebagai pohon?
4.    Jelaskan pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun?
5.    Jelaskan ciri sejarah yang abadi?

Kunci Jawaban:

1.      Sejarah dalam arti subjektif adalah suatu konstruk, yaitu bangunan yang disusun oleh penulis sebagai sesuatu uraian atau cerita sedangkan Sejarah dalam arti objektif menunjukan pada kejadian atau perustiwa itu sendiri atau proses sejarah dalam aktualisasinya.
2.      Insiden Hotel yamato di surabaya tanggal 19 september 1945
3.      Dalam bahasa arab disebut Syajarotun, artinya pohon. Sejarah sering di umpamakan sebuah pohon yang terus berkembang dari bumi ke udara dan mempunyai dahan, daun, bunga, serta buah. Hal itu menyerupai perkembangan pada krehidupan manusia. Namun ada pula yang mengartikan sejarah sebagai silsilah raja-raja. Sebab jika pohon itu di balik, ranting dan pohonya ada di bawah akan tampak seperti silsilah atau asal usul kehidupan manusia.
4.      Ibnu khaldun, sejarah adalah sebagai catatan tentang manusia atau peradaban manusia dan perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat saai itu.
5.      Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi karena peristiwa atau kejadian dalam sejarah tidak pernah berubah.

Kriteria Penilaian
   No soal
Bobot soal
1
25
2
10
3
30
4
20
5
15
Jumlah
100

·          Nilai Akhir = jumlah skor

C.  Penugasan
Membuat silsilah keluarga anda kemudian tulislah sejarah keluarga anda dalam bentuk karangan






Soal dan Kunci jawaban pertemuan pertama
Soal A:

1.    Sebutkan arti sejarah sebagai subyektif?
2.    Berasal dari Bahasa manakah kata Historia?
3.    Jelaskan pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun?
4.    Sebutkan perbedaan antara what dengan where dalam pertanyaan untuk mengungkap kehidupan manusia masa lampau sejarah
5.    Jelaskan ciri sejarah yang abadi?
Soal B:
1.    Sebutkan arti sejarah sebagai Objektif?
2.    Berasal dari Bahasa manakah kata Geschicht?
3.    Jelaskan Pengertian Sejarah Menurut Thomas Carlyle?
4.    Sebutkan perbedaan antara who dengan when dalam pertanyaan untuk mengungkap kehidupan manusia masa lampau sejarah?
5.    Jelaskan ciri sejarah yang unik?

Kunci Jawaban A:

1.    Sejarah dalam arti subjektif adalah suatu konstruk, yaitu bangunan yang disusun oleh penulis sebagai sesuatu uraian atau cerita
2.    Yunani
3.    Ibnu khaldun, sejarah adalah sebagai catatan tentang manusia atau peradaban manusia dan perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat saai itu.
4.    Untuk mengungkap kehidupan manusia masa lampau sejarah pertanyaan What (apa) menunjuk peristiwa yang terjadi pada masa lampau Sedangkan Where (dimana) tempat terjadi peristiwa
5.    Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi karena peristiwa atau kejadian dalam sejarah tidak pernah berubah.

Kunci Jawaban B:

1.    Sejarah dalam arti objektif menunjukan pada kejadian atau perustiwa itu sendiri atau proses sejarah dalam aktualisasinya
2.    Jerman
3.    Thomas carlyle sejarah adalah peristiwa masa lampau yang mempelajari biografi orang-orang terkenal.
4.    Untuk mengungkap kehidupan manusia masa lampau sejarah pertanyaan Who (siapa) menunjuk tokoh orang yang terlibat dalam peristiwa seadangkan When (kapan) waktu terjadi peristiwa
5.    peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang unik karna hanya berlangsung satu kali dan tidak pernah terulang persis sama untuk kedua kalinya
Kriteria Penilaian A
   No soal
Bobot soal
1
25
2
10
3
20
4
25
5
20
Jumlah
100

·          Nilai Akhir = jumlah skor

Kriteria Penilaian B
   No soal
Bobot soal
1
25
2
10
3
20
4
25
5
20
Jumlah
100

·          Nilai Akhir = jumlah skor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar